The Future Of HS Family

The Future Of HS Family

HS Family

HS Family

Senin, 28 September 2009

Tour De Batik

Acara liburan kali ini alhamd sangat bermanfaat karena kami berkunjung ke salah satu outlet batik milik keluarga dan kami mengadakan workshop batik. Diawali pada tanggal 21 september 2009 tepatNa saat berkunjung untuk sungkeman dan ada penawaran oleh Bude Hani sehingga kami dapat melakukan tour di dalam outlet.



























Dengan sabar dan antusias kami mendengarkan penjelasan mengenai batik hingga tak terasa memakan waktu yang lumayan lama. Kemudian berselang satu hari tepatNa tgl 23 September 2009 kami kembali melakukan workshop lanjutan dengan melakukan praktek kegiatan batik. Namun dikarenakan masih dalam suasana syawalan, beberapa tenaga ahli yang biasaNa membantu workshop tidak berada ditempat sehingga kami mempelajari kegiatan dasar dari batik yakni canting. Dimulai dengan menggambar pola di kain batik dilanjutkan dengan canting, yakni membuat alur sesuai pola yang telah digambarkan di kain dengan lilin cair.

Menggambar Pola


































































Canting

































































Setelah pola jadi dilanjutkan ke proses pewarnaan dan pembersihan lilin cair dengan cara direbus air mendidih. Kemudian proses pencucian dengan sabun hingga bersih dan memunculkan warna. Proses terakhir adalah pengeringan, penjahitan dan packing agar terlihat lebih rapi.
Proses



















Hasil Pewarnaan



























































Pengeringan, Penjahitan & Packing


























Pengalaman luar biasa ketika melihat hasil jadi yang kami buat dan ini menambah ilmu bahwa batik membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang luar biasa. Acungan 2 jempol terasa kurang untuk penghargaan kepada para seniman batik yang masih menekuniNa.


0 komentar: